6 Tips Agar Aman Berbelanja Online

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini berbelanja online sudah bukan lagi barang tabu bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat kita saat ini semakin melek teknologi, dan penggunaan internet semakin meningkat tajam setiap tahunnya.

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, dimana pemilik toko online harus susah payah mengedukasi market terlebih dahulu sebelum menjual produk mereka. Dulu, salah satu fase paling sulit dalam meyakinkan konsumen adalah, bahwa jarak dan waktu bukan lagi kendala dalam bertransaksi.

Namun itu dulu, saat ini masyarakat sudah semakin aware tentang jual beli online. Meskipun demikian, bukan berarti jual-beli online itu aman 100%. Bahkan diplatform yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi pun masih ada peluang untuk terjadi tindak kejahatan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar aman dalam berbelanja online.

  1. Periksa track record toko sebelum berbelanja.
    Jika toko yang kamu kunjungi masih terasa asing, periksalah track record mereka terlebih dahulu. Kamu bisa mencari review di google tentang keamanan bertransaksi di toko tersebut. Kalau ada ulasan mencurigakan, lebih baik tinggalkan saja.
    Tapi jika kamu punya ulasan tentang belanja online, kamu bisa menggunakan poin-web untuk memberi review. Review kamu tidak ditulis secara cuma-cuma, kamu bakal dibayar loh untuk setiap review yang kamu berikan.

  2. Minta foto asli produk ke owner
    Salah satu hal yang sering membuat orang-orang merasa tertipu saat berbelanja online adalah, tidak singkronnya antara foto produk dengan produk yang diterima.
    Ini sering terjadi, agar pembeli merasa yakin, penjual sering memasang foto yang bukan foto asli produk. Umumnya sih terjadi di barang KW. Agar terlihat bagus, penjual memasang foto produk original, padahal aslinya tidak seperti itu. Jadi supaya tidak tertipu, selalu minta foto asli produk ya guys jika kamu tidak yakin dengan foto yang tertera.

  3. Baca kebijakan situs toko sebelum bertransaksi
    Bagi kamu yang harus memasukkan data pribadi saat bertraksaksi, sebaiknya kamu baca dulu kebijakan privasi di toko tersebut. Apakah toko tersebut mengizinkan pihak ketiga untuk mengakses data kamu atau tidak, apakah mereka menjual data kamu ke pihak ketiga atau tidak. Ini sangat penting, agar privasi kamu tidak jatuh ke sembarangan orang.
    Terlebih beberapa waktu lalu ada kasus menghebohkan saat Cambridge Analityc berhasil mendapatkan data 80 juta+ pengguna facebook. Namun jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut, ya tidak apa-apa. Tapi jika menurut kamu itu cukup sensitif, sebaiknya pastikan dulu sebelum bertransaksi.

  4. Pastikan kamu bertransaksi disitus yang memiliki keamanan jaringan yang tinggi
    Salah satu faktor kasat mata yang bisa kamu nilai adalah, apakah situs tersebut menggunakan SSL atau tidak. Cara mengeceknya mudah, tinggal lihat apakah di url tertulis HTTPS atau HTTP. Jika HTTPS, berarti situs tersebut lebih aman. Jika tidak, sebaiknya beralih ke toko yang lebih aman.
    Website yang tidak memiliki SSL lebih mudah untuk dibobol. Ini sangat berbahaya bila kamu berbelanja menggunakan kartu kredit. Pencuri bisa dengan mudah mendapatkan data-data kartu kredit kamu.

  5. Pilih metode pembayaran paling aman
    Umumnya sering terjadi pencurian di kartu kredit, oleh sebab itu sebaiknya kamu mempertimbangkan metode pembayaran lain jika masih ada. Saran kami, tetap pilih COD jika metode tersebut tersedia.

  6. Amankan bukti transaksi
    Setiap kali belanja, simpan lah bukti transaksinya sebaik mungkin. Jangan rusak, apalagi sampai hilang. Bila terjadi kerusakan saat barang kamu terima, ini bisa jadi bukti bagi kamu untuk minta ganti rugi.

Nah itulah 6 tips yang bisa kamu terapkan agar selalu aman saat berbelanja online. Namun buat kamu yang ingin mendapat cashback saat berbelanja di Mataharimall dan Lazada, kamu bisa mengikuti program dari poin-web Bukan hanya itu saja, masih ada cashback dari e-commerce besar lainnya. Yuk buruan, happy shopping!

poin-web

Read more posts by this author.

Subscribe to poin-web

Get the latest posts delivered right to your inbox.

or subscribe via RSS with Feedly!